Aktivitas dan Mainan yang Tepat untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak

Sep 19th, 2016 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Motorik halus adalah gerakan-gerakan kecil dan teliti seputar jari-jari dan pergelangan tangan.

Motorik halus anak perlu distimulasi dengan baik agar berkembang optimal, karena besar pengaruhnya terhadap perkembangan fisik dan mental anak.

Misalnya saat menumpuk balok, bukan hanya melatih gerakan tangan ketika mengambil balok saja, tetapi juga anak akan didorong untuk berpikir, “Apa yang harus saya lakukan dengan balok-balok itu? Bagaimana cara melakukannya?”

Berikut tips melatih perkembangan motorik anak:

Tips yang paling penting: Biarkan anak mencobanya! Orang tua jangan langsung turun tangan saat anak kesulitan. Saat anak mencoba melakukan kegiatan yang memerlukan keahlian motorik halus pertama kali pasti akan sulit. Yang perlu kita lakukan adalah menyemangati, mendukung, dan memberikan kesempatan sebanyak-banyaknya utk anak berlatih. Jangan langsung “menyabotase” dengan mengatakan, “Susah ya? Sini mama bantu!” Kalau begitu terus, anak kapan bisanya.

Berbagai mainan dan aktivitas yang bagus untuk melatih perkembangan motorik halus anak misalnya: menumpuk balok, menyusun puzzle, permainan memungut dan menaruh benda seperti congklak, meronce, mencocokkan bentuk, lego atau duplo, atau juga permainan memindahkan atau menyusuri benda dari satu titik ke titik lain.

Atau bisa juga dari kegiatan sehari-hari, seperti menggambar, menulis, mewarnai, memakai sepatu sendiri, memakai baju sendiri, menyisir, menyiapkan makan dan minum sendiri, membuka tutup botol sendiri, memungut benda-benda kecil, seperti kancing, bola-bola kecil, dll.

Jadi, berikan kesempatan penuh untuk anak beraktivitas mengembangkan motorik halusnya, agar ia tumbuh optimal.

Artikel Terkait:

  1. Bayi Belekan
  2. Perlukah Anak Diberikan Suplemen Vitamin?
  3. Anak 1 Tahun Terlalu Manja? Itu Sangatlah Normal!
  4. Tanda Terlambat Bicara
  5. Dehidrasi pada Bayi


One comment
Leave a comment »

  1. Terima kaih atas artikelnya.. Mantab jiwa.. ternyata hal” sederhana bisa melatih motorik anak..

Leave Comment