TK Putra 3 Pejompongan, Jakarta Pusat

Nov 2nd, 2015 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Anakku masuk TK Putra 3 di tahun 2014 saat ia berumur 4,5 tahun. Dia sangat senang bersekolah di sana. Guru-gurunya baik dan sabar dan teman-temannya menyenangkan. Fasilitas bermainnya cukup memadai dengan ayunan, perosotan standar dan perosotan berputar, besi panjat berbentuk kotak-kotak dan segitiga, juga papan balancing. Plus taman lalu lintas mungil di halaman sekolah yang rimbun, dimana seminggu sekali sepeda-sepeda dan otoped-otoped dimainkan oleh masing-masing kelas.

Selain itu ada ruang tengah besar tempat permainan motorik halus seperti balok-balok, papan permainan, juga ada puppet show, kolam mandi bola, peralatan musik seperti angklung, drumband, dll.

Sekolah juga menyediakan perpustakaan dengan buku-buku yang cocok dibaca anak-anak dan dapat dipinjam untuk dibawa ke rumah.

Setiap pagi sebelum masuk kelas, anak-anak baris-berbaris sambil bernyanyi, membaca ikrar (syahadat), doa-doa, serta asma’ul husna.

Bagi umat Kristiani, ada guru khusus untuk pelajaran agama.

Uang pangkal tahun 2014 sebesar 3 jutaan, selain juga ada uang pendaftaran 100.000. Untuk tahun berikutnya, tidak dikenakan lagi uang pangkal, hanya uang Maintenance Gedung sebesar 1,5 juta. Uang sekolah tahun 2015 adalah Rp. 450.000. Sejak bulan November 2015 sekolah mewajibkan ekskul Bahasa Inggris, Komputer dan Menari, sehingga ada penambahan biaya uang sekolah di TK Putra ini menjadi Rp. 600.000 per bulan.

Selain uang masuk dan uang sekolah, ada juga uang kegiatan. Uang kegiatan ini ditentukan dari kesepakatan orang tua murid yang besarnya tergantung dari kegiatan apa saja yang ingin diikuti anak selain kegiatan belajar mengajar yang termasuk dalam kurikulum wajib. Uang kegiatan pada tahun 2015 ini adalah sebesar 1,7 juta.

Kelas terdiri dari Kelompok Bermain untuk anak usia 2-4 tahun, TK A untuk anak usia 4-5 tahun, dan TK B untuk anak usia 5-6 tahun.

Jumlah murid tahun 2015 untuk Kelompok Bermain adalah sekitar 16 orang, TK A 19 orang, dan TK B 29 orang. Masing-masing kelas dipegang oleh 2 guru.

Jam belajar di TK putra ini adalah jam 7.30 hingga jam 10.30 untuk semester 1. Khusus TK B, di semester 2 kegiatan belajar akan dimulai pukul 7.15 hingga 11.30, untuk latihan masuk SD.

Hari Jumat selalu ada kegiatan makan bersama di sekolah dengan memakai celemek yang disediakan dari sekolah. Setiap anak akan diberikan kesempatan 1 kali setahun untuk menyediakan makanan bagi sekitar 50 teman-temannya dengan dana yang disediakan oleh iuran dari sekolah.

Kegiatan selama tahun 2014 adalah satu kali field trip full day ke Taman Safari dan beberapa kali field trip dalam kota, antara lain mengunjungi kantor pos dan domino pizza yang diisi dengan pengetahuan dan praktek pembuatan pizza. Dalam rangka pengenalan profesi, sekolah juga mendatangkan polwan dan pegawai Mc Donald’s dalam kesempatan yang berbeda.

TK Putra juga mengikut lomba menari sekecamatan dan lomba sejakpus dalam rangka Hari Anak Nasional. Yang dilombakan di sini antara lain lomba menari, lomba senam, lomba mewarnai, lomba melempar bola, dll.

Acara puncak sekolah adalah Pentas Seni sekaligus sebagai perpisahan bagi anak TK B yang akan melanjutkan ke SD. Dalam event ini masing-masing siswa melakukan performance. Ada yang menari, bermain musik, membaca doa dan lantunan al Quran juga Asmaul Husna. Hasil karya masing-masing siswa selama setahun pun dipajang. Sekolah tidak menyelenggarakan proses wisuda, tapi jika orang tua berinisiatif bisa disisipkan setelah acara Pentas Seni dengan biaya ditanggung orang tua.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, sekolah beberapa kali mendatangkan psikolog dari Schema untuk melakukan sharing dan assessment terhadap masing-masing siswa (assessment hanya untuk siswa TK B). Orang tua bisa melakukan konsultasi gratis di depan publik mengenai perkembangan anak. Kami juga sempat diundang untuk mendapat sharing dari dokter anak mengenai dyslexia.

Untuk anak TK B, setiap akhir minggu orang tua diberikan jadwal kegiatan yang berhubungan dengan nilai agama dan moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, motorik kasar dan motorik halus untuk minggu berikutnya. Setiap bulan orang tua diberikan laporan hasil pengamatan perkembangan anak.

Seperti sekolah pada umumnya, di akhir semester ada pembagian rapor. Orang tua diberikan folder yang selain berisi foto-foto aktivitas anak, hasil karya anak juga disimpan dengan baik di dalamnya. Terima kasih TK Putra 3, telah memberikan pendidikan, bimbingan, kebahagiaan, dan kenangan indah masa kecil bagi anak saya :)

Bagi yang berminat menyekolahkan anak di TK Putra 3, you are most welcome untuk datang dan melihat-lihat kegiatan di sana.

Lokasi TK Putra 3 ada di Komplek Pam Baru, jauh dari kebisingan dan debu  panas jalan raya. Tepatnya di Jl. Pam Baru II no. 1, Pejompongan Jakarta Pusat, 10210. Jika perlu menghubungi via telepon 021 33200025.

Artikel Terkait:

  1. Bayi Belekan
  2. Pusing dan Puyeng saat Hamil
  3. Anak 1 Tahun Terlalu Manja? Itu Sangatlah Normal!
  4. Tanda Terlambat Bicara
  5. Dehidrasi pada Bayi


Leave Comment