Gadget, Ipad, Tablet Akibatkan Gangguan Bicara pada Anak

Nov 13th, 2015 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Anakku sudah mengenal Ipad sejak umur 1 tahun. Dalam sehari, ia bisa main Ipad selama berjam-jam. Awalnya alasan aku memberikan Ipad karena banyak sekali game edukasi yang bisa menstimulasi otak anak. Anak jadi asyik sendiri dan hei! ibunya juga senang karena mendapat banyak “me time”!

Tapi andai saja waktu bisa diputar ulang, aku akan SANGAT MEMBATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK! Penyesalan memang datang terlambat. Akibat keasyikan main Ipad, interaksi komunikasi anak minim sehingga kemampuan komunikasinya kurang terstimulasi, perkembangan bahasa juga tidak maksimal, sehingga saat di usia 2 tahun bicaranya masih belum jelas.

Untungnya gangguan bicaranya tidak terlalu parah, dimana hanya artikulasinya saja yang tidak jelas sehingga membutuhkan terapi wicara.

Syukurlah aku cepat sadar akan bahaya ipad ini dan anakku masih belum pada taraf “kecanduan” gadget. Masih banyak dampak negatif gadget untuk anak balita, misalnya gangguan tidur, konsentrasi, mata, social skills, sikap pasif, radiasi dan bahkan sampai kecanduan, yaitu tanpa gadget, anak jadi resah.

Berdasarkan pengalaman, boleh-boleh saja memberikan gadget pada anak balita. Karena toh dengan penggunaan yang bijaksana, gadget akan menjadi sarana positif bagi anak untuk belajar. Dengan catatan: BIJAKSANA, BATASI dan TEMANI.

BIJAKSANA memilih apps.
BATASI waktunya maksimal satu jam sehari.
TEMANI dia, dalam arti ikut berinteraksi, dan bukan hanya pasif duduk di sebelahnya sambil ngecek path atau facebook atau instagram :P

Artikel Terkait:

  1. Keram Kaki Saat Hamil
  2. Children Learn What They Live
  3. Pengalaman dan Tips Menyapih
  4. Tumbuh Gigi di Usia 9 Bulan
  5. Bayi Rewel Kalau Ditinggal


Leave Comment