Bayi Belekan

Apr 25th, 2013 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Sejak lahir, mata bayiku belekan terus. Kalau bangun tidur seringkali matanya susah dibuka karena belek yang mengering. Ini tidak terjadi pada kakaknya, makanya kami agak khawatir.

Saat bayi berusia 1 minggu, kami berkonsultasi ke dokter anak. Menurut dokter anak ternyata belek atau tahi mata yang berlebihan ini terjadi disebabkan saluran mata (yaitu saluran yang menghubungkan mata dengan hidung) masih tersumbat.

Berikut cara-cara menangani saluran mata yang tersumbat berdasarkan instruksi dari dokter anak:

  1. Memijat atau mengurut bagian bawah mata dengan lembut. Caranya mulai dari arah dalam mata ke arah luar mengikuti garis bawah mata.
  2. Menggunakan kapas bulat yang dibasahi dengan air hangat: peras kapas, lalu putar-putar kapas bulat itu di bawah mata sebelah dalam.

Sejak itu, setiap menyusui, aku lakukan pijatan/ mengurut pada salah satu mata selama 20-50 kali sekali menyusui. Ketika mandi pagi dan sore juga aku lakukan gerakan putar pada bawah mata menggunakan kapas bulat yang telah dibasahi air hangat.

Setiap ia bangun tidur, atau kapan saja ia belekan berlebihan, segera bersihkan mata menggunakan kapas bulat atau kain kasa yang telah dibasahi air hangat dan diperas. Jangan lupa sebelum membersihkan mata, cuci tangan dengan sabun atau alkohol.

Alhamdulillah di usia 1 bulan, belekan berlebihan pada bayiku ini telah hilang. Namun ada juga beberapa kasus dimana belek berlebihan baru hilang setelah usia 6 bulan. Semoga membantu.

Artikel Terkait:

  1. Pusing dan Puyeng saat Hamil
  2. Jangan Menyerah Pada Rengekan Anak
  3. Anak 1 Tahun Terlalu Manja? Itu Sangatlah Normal!
  4. Tanda Terlambat Bicara
  5. Dehidrasi pada Bayi


2 comments
Leave a comment »

  1. Waaahh aku baru nemu blog ini.postingannya berguna bgt apalagi buat aku yg baru aja punya baby umur 1,5 bulan. Salam kenaaall

  2. Salam kenal jugaaa !!! :)

Leave Comment