Perut Kencang Saat Hamil 7 Bulan

Mar 4th, 2013 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Sejak usia kehamilan 7 bulan perutku kencang terus-menerus kalau malam hari. Aku juga sempat mengalami kontraksi (sakit perut bagian bawah seperti sakit mens) sebanyak 2 kali dalam 1 hari di usia kehamilan 7 bulan. Aku sangat cemas karena waktu hamil anak pertama tidak pernah mengalami kontraksi selain sebelum melahirkan. Akhirnya setelah browsing sana-sini dan konsultasi ke dokter kandungan, ternyata hal ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Penanganannya cukup dengan beristirahat atau tiduran untuk meredakan ketegangan perut. Ada juga yang menyarankan untuk berjalan kaki, mandi air hangat, juga mengatur pernapasan.

Kontraksi ini disebut Braxton hicks atau kontraksi palsu. Yaitu kontraksi yang bukan sebagai tanda-tanda mau melahirkan. Bila terjadi kontraksi yang tidak kontinyu di usia kehamilan kurang dari 37 minggu, hal ini tidak perlu dikhawatirkan. Tapi perlu diingat, jika belum mencapai 37 minggu kita mengalami kontraksi yang teratur (lebih dari 4 kontraksi dalam 1 jam), harus segera cek ke dokter.

Ini seperti yang aku alami saat hamil anak pertama. Di usia kehamilan 36 minggu aku mengalami kontraksi (seperti sakit mens) yang timbul secara teratur dan sering. Beberapa jam kemudian aku langsung dibedah caesar dan benar saja air ketubanku sudah kehijauan. Sekali lagi, jangan abaikan kontraksi yang kontinyu.

Tapi kalau perut kencang di malam hari, tidak perlu khawatir, bawa istirahat saja. :)

Artikel Terkait:

  1. Pusing dan Puyeng saat Hamil
  2. Jangan Menyerah Pada Rengekan Anak
  3. Menghadapi Anak 1 Tahun yang Manja
  4. Agar Anak Gemar Membaca
  5. Dehidrasi pada Bayi


2 comments
Leave a comment »

  1. siang.. kehamilan sya mnginjak usia 7 bln tpi kontraksi nya sering sekali.. hampir tiatp jam ada konteaksi.. bgaimana cara agar kontraksinya hilang. khamilan pertama sya melahirkn prematur di usia 30mggu kandungannya.. trmksh

  2. Kalau kontraksinya sering sebaiknya cek ke dokter kandungan saja, bu.. semoga sehat terus ya sampai melahirkan :)

Leave Comment