Hamil 8 Bulan Keluar Cairan dari Vagina

Mar 16th, 2013 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Di bulan 8 kehamilan, aku sempat khawatir karena beberapa hari harus ganti pantyliners 2 kali sehari. Aku takut itu adalah air ketuban. Selain itu aku mengalami kontraksi yang lebih sering dari biasanya, meskipun tidak teratur.

Setelah konsultasi ke dokter kandungan, katanya kalau ketuban pecah biasanya airnya terus mengalir. Sementara ini tidak.

Aku juga dapat informasi dari sumber babycenter: keluar cairan dari vagina lebih banyak dari biasanya adalah normal di usia kehamilan 37 minggu (8 bulan). Juga normal mengalami kontraksi yang lebih sering dan sangat mengganggu di usia kehamilan ini. So, don’t worry.

Meski demikian, ketika cek up minggu ke 37, dokter melakukan pemeriksaan dalam untuk mengecek apakah memang air ketuban atau bukan, dengan menempelkan kertas khusus ke dalam vagina, dan disuruh batuk. Dan hasilnya ternyata bukan air ketuban, melainkan cairan vagina biasa.

Jika vagina terasa gatal penanganannya bisa dengan mencuci vagina menggunakan lactacyd khusus wanita, yang bisa dibeli di apotik untuk menjaga kebersihan vagina. Caranya basuh vagina dengan lactacyd seperti menggunakan sabun cair setiap habis buang air kecil.

Semoga informasi ini membantu.

Artikel Terkait:

  1. Flek Saat Hamil 2 Bulan
  2. Pengalaman Berpisah Lama dengan Balita
  3. Pentingnya Bahasa Isyarat Bayi Untuk Komunikasi
  4. Bayi Berenang
  5. Mencegah Kerusakan Gigi Bayi


2 comments
Leave a comment »

  1. bun tlg info nya dhnk buat sy lg hmil 8bulan nah saya udh 3 hari ksnih keluar cairan putih gitu seperti org ngompol cd saya sering basah itu cairan apa y bun ,, sy tkt air ketuban aajh

  2. Bun, sebaiknya cek ke dokter ahli kandungan….

Leave Comment