Alam Semesta Sebagai Penampakan Allah

Jul 6th, 2012 | By ndoys | Category: Inspirasi, Newest Post


Yang tercela dan merupakan sumber seluruh kerusakan, kejahatan dan kehancuran serta merupakan akar seluruh kesalahan adalah kecintaan pada dunia, YANG TUMBUH DARI CINTA-DIRI. Dunia material (mulk) ini pada dirinya sendiri tidak tercela karena ia MERUPAKAN PENAMPAKAN ALLAH DAN KERAJAAN-NYA, tempat turunnya para malaikat, seperti juga tempat para nabi ‘alaihim al’salam, dididik dan sujud keapada Allah. Dunia ini adalah kenisah (tempat ibadah) bagi orang-orang saleh dan suatu tempat yang di dalamnya kebenaran diwahyukan ke dalam hati-hati para pencinta Kekasih-Hakiki.

Jika kecintaan pada dunia material ini BERSUMBER DARI KECINTAAN KEPADA ALLAH, dan dunia ini dipandang sebagai penampakan-Nya ‘Azza wa Jalla, cinta seperti itu akan menjadi sesuatu yang terpuji dan sesuai dengan kesempurnaan. Sebaliknya, jika cinta-diri merupakan sebab kecintaan pada dunia, cinta seperti itu akan menjadi sumber segala kesalahan.

Bahaya cinta dunia akibat cinta-diri dengan segala konsekuensinya dapat menimpa seseorang dalam momen-momen terakhir ketika ia meninggalkan dunia ini menuju tempat tinggal yang kekal. Pada saat itu, di ambang kematian, ketika fakta-fakta tertentu terungkap baginya, ia akan mendapati (malaikat) pesuruh Allah siap memisahkannya dari kecintaannya, dunia ini. Dalam keadaan seperti itu, ia akan meninggalkan dunia ini dengan kebencian dan kemarahan kepada Allah ‘Azza wa Jalla. Na’udzubillah.

Disadur dari “Wasiat Sufi” Ayatullah Khomeini

(Photo courtesy of National Geographic)

Artikel Terkait:

  1. Bersocial Media Secara Positif ala Josef Bataona
  2. Awal Penemuan Sol Sepatu
  3. Tips Menghindari Kebosanan
  4. Sabar Menghadapi Macetnya Jakarta
  5. Qana’ah


Leave Comment