Bayi Panas dan Mencret

Oct 18th, 2010 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Bayiku pertama kali demam tinggi kisaran 38-39 derajat Celcius ketika berusia 8 bulan. Saya menanggapinya dengan tenang karena saya tahu “fever is actually babies’ best friend.” Demam menandakan bahwa antibodi bayi berfungsi dengan baik, dan ketika ada benda asing masuk ke dalam tubuhnya, tubuh akan melawannya, itulah sebabnya badan menjadi panas.

Yang saya lakukan hanya mengompres dengan air hangat di ketiak atau dahi, dan juga memberikan obat anti panas, Naprex, dengan takaran sesuai petunjuk dokter, yaitu 0,1 ml dikali berat bayi. Berat badan bayiku saat itu 7,5 kg, maka takaran Naprex adalah 0,75 ml. Naprex bisa diberikan minimal empat jam sekali jika masih panas di atas 37,5 derajat Celcius.

Namun di hari ketiga, ketika saya ganti popok, saya lihat ada sedikit cairan merah seperti darah di faecesnya yang meski tidak cair namun lembek. Segera saya masukkan faecesnya ke dalam botol obat yang sudah dicuci bersih untuk diperiksa ke lab.

Note: Tes faeces rutin biayanya sekitar Rp. 30.000 (sampel faeces tidak boleh lebih dari satu jam). Sedangkan tes darah rutin sekitar Rp. 60.000.

Benar saja, hasil lab menyatakan darah dan bakteri positif. Pulang dari lab saya langsung konsul ke dokter anak dan diagnosanya adalah infeksi saluran pencernaan. Dokter memberikan antibiotik yang harus habis diminum selama 4 hari. Ditambah lacto-B 2 kali ½ sachet sehari dan Zinc-Pro 1 kali ½ sendok takar sehari sekali selama 10 hari (meski mencret telah berhenti).

Karena ada infeksi, maka buah dan sayur dihentikan dulu. Bayi hanya boleh makan biskuit yang diencerkan saja supaya lembut; itu pun susahnya minta ampun. Bayiku tidak mau makan, namun untungnya mau minum ASI, meskipun ternyata hanya dibuat empeng saja, sehingga membuat payudaraku mampet dan bengkak.

Dokter bilang selera makan turun ketika sakit itu biasa, ibu tidak perlu khawatir. Tetapi hati-hati jangan sampai kurang minum sehingga dehidrasi, oleh karena itu usahakan bayi terus minum air putih.

Total demam selama 4 hari, dan mencret masih terus 3-5 kali sehari selama 10 hari. Alhamdulillah sekarang bayiku sudah sembuh.

Artikel Terkait:

  1. Dehidrasi pada Bayi
  2. Jadwal Makan Bayi Umur 6 Bulan
  3. Mainan yang Tepat Untuk Bayi Umur 1-12 Bulan
  4. Waktu Tidur Bayi
  5. Jerawat Bayi


One comment
Leave a comment »

  1. [...] sakit, anakku yang berumur 8 bulan tidak mau makan. Aku takut dia kekurangan cairan dan mengalami [...]

Leave Comment