Mencegah Kerusakan Gigi Bayi

Sep 22nd, 2010 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Saya pikir menyikat gigi baru hanya dilakukan setelah gigi bayi keluar. Tetapi ternyata menurut babycenter.com bahkan sebelum gigi pertama bayi keluar sebaiknya kita sudah membiasakan bayi kita melakukan rutinitas mengusap gusi bayi dengan kasa steril atau kain lembut yang dibasahi ketika waktu mandi. Saat ini belum perlu menggunakan odol atau pasta gigi, cukup dengan melilitkan kain kasa atau kain lembut pada jari telunjuk kemudian gosokkan secara lembut pada gusi bayi. Ada baiknya juga lidah kita bersihkan, cukup dengan mengusapkan kain tersebut sekali saja, untuk mencegah munculnya bakteri yang bisa menyebabkan bau mulut.

Bakteri dalam mulut biasanya tidak akan berpengaruh buruk pada gusi jika gigi belum tumbuh, namun kita tidak tahu kapan gigi akan muncul, jadi sebaiknya mulailah sejak dini. Selain itu, jika bayi sudah dibiasakan membersihkan mulutnya sebagai rutinitas sehari-hari, akan lebih mudah nantinya untuk diganti kegiatannya menjadi menyikat gigi.

Saat ini anakku berumur 7,5 bulan dan belum tumbuh gigi. Tetapi aku tidak khawatir karena secara general anakku sehat dan banyak bayi yang baru tumbuh gigi setelah umur setahun. Dan perlu diingat, setiap bayi adalah seorang individu yang unik dan perkembangannya berbeda dari satu bayi dengan bayi lainnya. Paling yang aku lakukan adalah menambah asupan kalsium (sumber kalsium bisa didapat dari susu sapi, pisang, atau tablet. Sayangnya anakku alergi susu sapi, jadi aku tidak bisa meminum susu sapi).

Nah, setelah gigi bayi tumbuh, baru lah kita pakai sikat gigi khusus bayi dengan kepala sikat yang mungil, tapi nyaman dipegang oleh ibu.
Odol tetap tidak perlu digunakan asalkan kita menyikat gigi bayi kita secara reguler bagian depan dan belakang dua kali sehari. Gosok juga lidahnya satu kali saja. Segera ganti sikat gigi jika sikat sudah koyak atau rusak.

Tips dari temanku: Siapkan beberapa sikat gigi yang berbeda, biarkan anak memilih sikat gigi mana yang ia sukai, lalu pakailah sikat gigi tersebut, supaya ia tidak bosan dan menikmati kegiatan menyikat gigi!

Artikel Terkait:

  1. Jadwal Makan Bayi Umur 6 Bulan
  2. Cara Mudah Membuat Bubur Untuk Bayi 6 Bulan
  3. Mainan yang Tepat Untuk Bayi Umur 1-12 Bulan
  4. Waktu Tidur Bayi
  5. Jerawat Bayi


2 comments
Leave a comment »

  1. Anakku kalau mau bobok mlm celana selalu dilepas dah bobok dipakikan lg kl dia terbangun dilepas lg?gimana ini?
    Cara atasinya?

  2. Halo bpk/ibu Reno.. setelah saya browse memang beberapa anak tidak suka pakai celana saat tidur. Ibu bisa pakaikan piyama model jumper dengan retsleting belakang seperti gambar disini http://www.littlekeepersleeper.com/store/Default.asp
    atau bisa juga coba pakaikan celana terbalik (retsleting di belakang), sehingga susah untuk dibuka oleh si kecil. Semoga membantu :)

Leave Comment