Jadwal Makan Bayi Umur 6 Bulan

Aug 20th, 2010 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

bubur-bayiJadwal makan bayi 6 bulan yang diberikan oleh dokter anak:

Jam 8: bubur susu
Jam 10: buah
Jam 12: bubur saring
Jam 14: biskuit
Jam 16: bubur susu
Diselingi ASI sesuka bayi.

Awalnya saya bingung ketika bayi saya mendekati usia 6 bulan, sudah dikasih jadwal makan yang “lengkap” oleh dokter anak. Biasa memberi ASI eksklusif yang tinggal sodorkan payudara saja, sekarang harus kasih makanan tambahan juga. Apakah memang harus selengkap itu semenjak awal bayi mengenal makanan tambahan? Makanan apa sebaiknya yang pertama dikasih ke bayi umur 6 bulan?Setelah konsul dengan dokter, baca-baca buku, ikut forum, tanya sana-sini ke ibu-ibu lain yang sudah “expert” masalah perbayian, akhirnya saya berhasil melalui masa-masa tegang itu dengan mulus.
Inilah yang saya lakukan:

Karena bayi saya ada bakat alergi, maka pemberian makanan tambahan / pendamping ASI harus diberikan secara bertahap, yaitu dicoba dahulu hanya satu jenis makanan selama 3 hari. Jika tidak ada reaksi alergi, maka saya bisa tambahkan satu jenis makanan lain, dan dilihat dulu selama 3 hari. Begitu seterusnya. Tidak usah terpaku pada jadwal makan lengkap yang diberikan oleh dokter, jadwal itu bisa kita ikuti setelah bayi melalui tahapan perkenalan berbagai macam makanan. Justru tidak baik jika dari awal bayi kita sudah “dicekoki” dengan makanan selengkap itu, karena perutnya akan kaget. Bawa santai saja, toh bayi kita juga masih kita susui.

Awalnya, saya hanya memberikan biskuit farley rasa classic ½ keping 1 kali sehari, dicairkan dengan air hangat plus ASI; konsentrasinya masih cair (hanya sedikit lebih kental dari air). Setelah 3 hari, selain biskuit farley yang konsentrasi kekentalannya sedikit demi sedikit saya tambah dan jumlahnya ditambah terus menjadi 2 keping per sekali makan, baru saya berikan buah pepaya yang matang dan manis, pepayanya cukup 2 potong kecil dan disaring.

Setelah itu saya coba nestle cerelac rasa beras merah, 1 sendok makan saja, dicairkan dengan air hangat dan ASI. Lalu nestle cerelac rasa kacang hijau. Bayi saya lebih suka yang rasa kacang hijau, tapi kadang-kadang saya tetap memberikan rasa beras merah juga. Sedikit demi sedikit jumlahnya ditambah, tapi sampai sekarang saya hanya memberikan dengan takaran 2 sendok makan sekali makan.

Buah-buahan lain yang sudah saya coba adalah pisang ambon atau pisang sunripe, semangka, jeruk bayi, alpukat, semua disaring atau diperas. Untuk alpukat, supaya rasanya manis, bisa dicampur dengan semangka atau jeruk bayi.

Setelah bayi biasa mengkonsumsi bubur susu, buah dan biskuit, barulah saya tambahkan bubur saring / halus, yang sebisa mungkin saya bikin sendiri.

Cara Mudah Membuat Bubur Untuk Bayi 6 Bulan.

Artikel Terkait:

  1. Cara Mudah Membuat Bubur Untuk Bayi 6 Bulan
  2. Mainan yang Tepat Untuk Bayi Umur 1-12 Bulan
  3. Merubah Kebiasaan Bayi Tidur Digendong
  4. Waktu Tidur Bayi
  5. Jerawat Bayi


18 comments
Leave a comment »

  1. Anak saya suka bgt dengan susu sampai habis sebelum waktunya.mhn diberikan kejelasan.terimakasih

  2. Halooo.. Terima kasih sudah mampir ke blog ini. Bisakah diperjelas maksudnya “susu habis sebelum waktunya”? Kejelasan apa yang Ibu butuhkan? Terima kasih :)

  3. Haloo. Anak saya skr umur 7 bln 3 mnggu.
    Skr saya lg bngung untuk memberi makan anak saya. Krn saya tkut anak saya msh kelaperan. Karena kn udh mau 8 blan. Tp tdur mlem Alhamdulillah g prnh rewel. Pling 1-3 x bngun u mnum asi. Pas siangy aj kdng bo2 sbntr trs bngun. Tp frekuensi bo2 siangny msh sring. Anak msh nyusu bdan.blum prnh sufor. Prnh sekali saya cmpur dngn makananny tp dia alergi diare n kl biskuit2 cerelac n milna jg alergi merah2 di badanny.
    Mohon penjelasan n masukan untuk porsi makanan dan jadwaly dan tanda2 anak msh laper dan apa anak bs bosen dngan asi y?maaf bnyak yg di tanyakan. Terima kasih.

  4. Haloo ibu Alfiah,
    Sufor tidak perlu dikasih, selama ASI masih mencukupi (sampai umur 2 thn). Dan menurut saya, anak gak mungkin bosan dg ASI :D
    Utk anak umur 8 bulan ke atas, porsi makan sdh harus mulai banyak, meskipun ASI tetap harus terus diberikan.
    Kalau bubur instan memang biasanya mengandung susu, jadi Ibu bisa membuat bubur bikinan rumah saja, supaya aman bagi anak alergi. Resepnya bisa Ibu dapat dg cara browsing.
    Porsi sekali makan minimal 10 suap bayi, atau seperti takaran bubur instan. Semoga membantu ya Bu :)

  5. saya ibu baru, jadi sedikit cemas.anak saya sekarang mau masuk 6 bulan, saya bingung masalah pemberian bubur susu nya. dan bagaimana cara membedakan alergi atu tidaknya. karena, sbulan yg lalu anak saya terkena disentri dan sampai sekarang masih mencret. sebaiknya bubur susu beli instan atau masak sendiri?agar anak lahap makan, karena anak saya juga susah minum susu

  6. Hai ibu Sely, terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Mengenai mencret yang berkepanjangan, sebaiknya ibu konsultasikan lagi ke dokter spesialis anak.
    Mengenai bubur susu, menurut pendapat saya tidak masalah memberikan bubur instan, namun jika anak ibu memang terbukti alergi, perlu diperhatikan dulu kandungan bubur tersebut karena banyak yang mengandung susu.
    Mungkin link ini bisa lebih menjelaskan http://www.promina.co.id/pages/pilih-instan-atau-buatan-sendiri-ya-.aspx

    Semoga membantu ya Bu. Salam buat si kecil. :)

  7. saya mau tanya..skr bayi saya berumur 5 bulan,berat badanya 6,3 bulan kemaren 6kg ko naeknya dikit
    ..penyebabnya apa yah

  8. Sebaiknya konsultasikan ke dokter ahli anak saja supaya aman. Thanks.

  9. Bunda, anak sya udah 6 bulan n udah 5 hr sya kasih bubur beras merah campur asi tp kok anak sya suka nangis n pake aksi tutup mulut klo mkn…pernah waktu hr ke 2 dia mau makan lumayan banyak sy bikinx stengah sendok tepung beras merah campur air stengah gelas dimasak trus udah masak dicampur asi 30 ml..tp bskx sya kasih udah ga mau…knp ya ada masukan ga? Sy bingung n g brani kasih yg lain dlu..apa memang harus dicoba pake makanan lain?

  10. Bunda, mungkin terlalu kental gak? Coba agak encer aja dulu. Atau mungkin dia ga suka rasanya? Coba konsultasikan juga ke DSA yah Bun.. :)

  11. Bunda, nanya dong..
    Ada yg punya pengalaman kayak aku ga? Anakku usianya 6 bulan. Dulu lahirnya caesar. Nahh karna parno dengar cerita orang tentang KB akhirnya aku pun ga KB. Nahh sekarang aku hamil lagi padahal anakku masih ASI. aku bingung banget, kmrn ke dokter katanya kehamilan tetap dilanjutkan tapi ASI di-stop + dikasih obat penguat rahim. Nahh kurang puas dengan dokter yg itu, saya ke klinik bidan, disana disarankan kehamilan dan ASI tetap dilanjutkan.
    Ada yg punya pengalaman yg sama ga bun (tau ttng pengalaman itu)? Share dong. makasih
    Oia maaf kalo salah tempat nanya-nya. :) :)

  12. Bunda, anak saya bentar lagi mau 6 bulan. Di awal pemberian makanan apakah setiap hari harus ganti menu atau cukup dicoba satu menu saja untuk perkenalan agar bayi tdk bingung dan pencernaan tdk terganggu?

  13. Bun, nnya dooong……
    anakku skrg 7bln tpi kok susah.bngtz ya mknnya ?? dri prtma dikenalkan MPasi Dy susah bngtz mkannya.
    g ditelan2 buburnya sampe cair dimulutnya…
    pdhal sya ud ksih varian rasa,,tpi ttp aj sush mknnya,,tiap mo dksi mkan nangis ?
    share doong bun. . thanks

  14. Dear ibu Chika, coba dikonsultasikan pada DSA, ponakanku ada yang begitu, ternyata dia alergi, dan menyerang pencernaan sehingga dia tidak mau makan..

  15. Bunda,anak saya saat ini sudah berumur hampir7bln,sy sudah mulai memberi makanan pendamping ASI tp yg menjadi masalah saat ini adalah anak saya mengalami susah Bab kadang sya sedih melihatny. Padahal sudah saya beri buah pepaya tp ttp saja msih kesulitan… mohon solusinya bunda… tks

  16. Hallo bu,sy seorang ayah yg baru punya momongan.
    Alhamdulillah,umurnya kini sdh 6 bulan.Sehat & Normal.
    Cuma saya bingung bu,sebainya makanan Tambahan pokok buat konsumsinya (bayi) saya berikan makanan apa dulu…???
    Pernah istri saya mencobanya memberikan pisang ambon dgn cara mengerut halus,bayi saya jadi mencret.
    Mohon bantuan masukannya,Terima-Kasih

  17. @Ibu Ana: Waduh, anak saya yang kedua juga suka susah BAB, bahkan pernah sampai 7 hari tidak BAB. Tapi dia tidak rewel sama sekali. Akhirnya setelah konsul ke dokter anak, dikasih microlac dan BAB nya lancar, tidak keras sama sekali. Kemungkinan dia alergi terhadap makanan yang dikonsumsi, dan alerginya ke pencernaan. Coba saja konsul dulu ke dokter anak atau ahli alergi. semoga membantu..

  18. @Ayah Asvariya AR: Berdasarkan pengalaman, memang sebaiknya dicoba dahulu hanya 1 jenis makanan selama 3 hari. Jika tidak ada reaksi alergi, maka bisa tambahkan 1 jenis makanan lain, dan dilihat dulu selama 3 hari. Begitu seterusnya. Kalau dikasih pisang ambon mencret, coba kasih makanan jenis lain saja dulu.. setelah seminggu boleh dicoba lagi pisang ambonnya.. Selamat menyuapi :)

Leave Comment