Cara Mudah Membuat Bubur Untuk Bayi 6 Bulan

Aug 20th, 2010 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

buburPrinsipnya bubur terdiri dari:
- Karbohidrat: beras merah atau beras putih
- Protein: daging cincang atau ikan tenggiri atau salmon atau ati ayam plus tahu sutera / silk tofu (biasanya dibungkus)
- Sayuran: wortel impor, tomat (biar segar), bayam, brokoli, atau sayuran apa pun yang bisa hancur
- Bumbu: salam, sereh, bawang merah dan bawang putih diiris tipis (semuanya dimasak berbarengan).
- Kaldu: caranya 3 gelas air direbus selama 10 menit dengan ceker 15 buah, 1 buah wortel impor utuh, 1 tangkai seledri dan daun bawang utuh, 2 bawang merah utuh, dengan api kecil. Setelah itu airnya diambil dibagi 6 masukkan kantong plastik dan taruh di freezer, biar cukup untuk 6 hari.JANGAN MEMBERIKAN GARAM ATAU GULA HINGGA USIA BAYI MENCAPAI 1 TAHUN, karena tubuh bayi belum siap menerima garam/ gula, dan berpengaruh negatif pada perkembangan tubuhnya.

Cara membuat bubur untuk 3 kali makan:

Beras 6 sendok makan (di awal cukup 4 sendok saja)
Daging cincang 50 gram
2 potong silk tofu (lebar 1 cm)
1/2 wortel impor
1/2 tomat apel
Tambah daun salam, sereh, bawang merah dan bawang putih yang diiris halus, 1 bungkus air kaldu dan tambah air lagi 4 gelas.
Semuanya masak bareng hingga air tersisa sedikit saja (kira-kira 30 menit). Kemudian setelah agak dingin diblender hingga halus. Air sengaja disisakan sedikit, agar bisa diblender dan supaya blendernya tidak rusak. Kalau masih terlalu kental, tambahkan air hangat sebelum diblender. Siap untuk diberikan pada bayi.

Dari pengalaman, bubur halus tidak basi hingga 2 hari jika masuk kulkas.

Seperti biasa, untuk tahap awal, berikan satu macam saja selama 3 hari, misalnya beras dan wortel. Lalu beras, wortel, cincang. Lalu beras, brokoli, cincang. Lalu beras, wortel, ikan. Dan seterusnya.

Tips: ketika belanja daging cincang yang tanpa lemak beli 150 gram langsung dibagi 3 dikemas plastik. Jika menyimpan ikan tenggiri jangan simpan mentah, kukus dahulu setelah itu baru dikemas dibagi sesuai 1 kali masak (kira-kira 50 gram).

Artikel Terkait:

  1. Mainan yang Tepat Untuk Bayi Umur 1-12 Bulan
  2. Merubah Kebiasaan Bayi Tidur Digendong
  3. Siapakah Aku?
  4. Waktu Tidur Bayi
  5. Jerawat Bayi

4 comments
Leave a comment »

  1. [...] Cara Mudah Membuat Bubur Untuk Bayi 6 Bulan. [...]

  2. Terima kasih banyak infonya. Sangat bermanfaat sekali….:)

  3. Kan bubur halus itu tahan 2hari jika msuk kulkas,,,kalau mau dimakan sama si bayi apa boleh kluar dri kulkas lngsung kita suap ke bayi?

  4. @Nancy: kalo aku sih keluarin dari kulkas sekitar 10 mnt, trs seduh dengan air panas sedikit aja supaya buburnya hangat, trus baru deh suapin ke bayi :)

Leave Comment