Studi Kasus Viral Marketing: Permen Karet Stride

Jun 14th, 2010 | By ndoys | Category: Newest Post, Senggang

matthardingKetika konsumen menyampaikan material marketing kepada orang lain, itu disebut Viral Marketing. Jika aktivitas itu terjadi di Internet, orang menyebutnya bukan “word of mouth”, tetapi lebih tepatnya “word of mouse”.

Campaign menggunakan viral marketing berpotensi meledak secara cepat dan mencapai banyak orang dalam waktu yang singkat, oleh karena itu tujuan utama viral marketing adalah menciptakan buzz untuk meningkatkan brand awareness, bisa juga untuk mendapatkan lead atau juga sebagai tahap pertama membangun hubungan dengan calon konsumen, baru setelah tujuan tersebut tercapai, ujung-ujungnya tentu saja bisa terjadi penjualan. Tetapi untuk tujuan penjualan langsung biasanya tidak tepat menggunakan viral marketing.

Ada satu kasus menarik tentang viral marketing yang tergolong sukses, yaitu kasus permen karet Stride dan tarian Matt Harding. Pada tahun 2003, permen karet Stride melirik sebuah kesempatan emas untuk melakukan marketing dan promosi yang efektif. Ada seorang pria bernama Matt Harding yang posting video tentang dirinya ketika melakukan travelling, tujuannya supaya keluarga dan teman-temannya bisa melihatnya dan tahu keadaan dirinya. Setiap dia sampai ke suatu tempat baru, dia akan menari-nari. Tariannya tidak bagus, dan inilah yang membuat videonya menjadi hit di online.

Brand permen karet Stride menyadari bahwa target audience mereka, yaitu para gamers dan skaterboarders adalah peminat video-video Harding. Pada tahun 2006, Stride mulai mensponsori Harding dengan cara membiayai perjalanannya. Tepat setahun setelahnya, Harding mulai mengundang fans onlinenya untuk ikut menari dengannya.

Permen karet Stride melakukan branding secara invisibel. Harding tidak pernah menyebutkan brand Stride, atau mengunyah permen karet pada video-videonya. Logo Stride juga muncul hanya sebentar saja di akhir video. Tetapi di tahun 2008 video Harding telah dilihat sebanyak 6 juta kali. Dan permen karet Stride yang tadinya merupakan brand yang kurang dikenal, kini termasuk 5 besar perusahaan permen karet rendah gula.

Untuk lihat video Matt Harding “Where the Hell is Matt”, silahkan cek: www.wherethehellismatt.com
Enjoy!

(photo courtesy of www.wherethehellismatt.com)

Artikel Terkait:

  1. Siapakah Aku?
  2. Waktu Tidur Bayi
  3. Pejabat Tanpa Vorrider
  4. Kaca Spion Harrier Yang Malang
  5. Privacy Policy


Leave Comment