Jerawat Bayi

Apr 28th, 2010 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak, Newest Post

Beberapa hari setelah pulang dari Rumah Sakit, timbul bintik-bintik seperti jerawat di pipi bayiku. Jerawat tersebut hilang-timbul. Kemudian bertambah banyak dan muncul juga di dahi.

 

Banyak pendapat yang mengatakan bahwa itu disebabkan oleh sisa hormon ibu yang terbawa bayi ketika masih di dalam rahim, dan akan hilang dengan sendirinya setelah 3-4 bulan. Dan penanganannya hanyalah dengan cara membersihkan wajah bayi dengan sabun menggunakan washlap yang lembut atau kapas bulat.

 

Tetapi saat bayi umur 1 bulan jerawat tersebut malah semakin menjadi-jadi. Selain di pipi, terutama muncul di daerah kening, rupanya seperti “bruntusan” dan merah-merah, bahkan merambah ke daerah hidung atas juga. Kemudian bayi seringkali menggaruk muka dengan tangannya, atau ketika digendong menggesek-gesekkan muka ke bajuku. Ternyata itu bukan jerawat biasa, tetapi disebut eksim dan berkaitan dengan alergi.

 

Karena aku sedang memberikan ASI ekslusif, dokter spesialis anak yang menangani bayiku akhirnya menyuruh aku diet, yaitu melarang aku mengkonsumsi susu sapi dan turunannya (keju, eskrim, dll), telur, cokelat, seafood, kacang tanah. Juga ayam dengan kemungkinan 40 persen. Dia juga meresepkan salep elocon untuk dioles tipis pada jerawat. Dan mandi menggunakan sabun khusus bernama “Ceraklin”. Diharapkan setelah 3 minggu mukanya akan bersih. Dan memang seminggu kemudian jerawatnya langsung terlihat berkurang.

 

Jika muka sudah bersih, dokter menyarankan untuk mencoba mulai makan ayam lagi, kalau mukanya tetap bersih, berarti bayi tidak alergi ayam.

Artikel Terkait:

  1. Cara Memandikan Bayi
  2. Perawatan Ari-ari Atau Tali Pusat Bayi
  3. Setelah Operasi Caesar
  4. Pengalaman Operasi Caesar
  5. Manfaat Pemijatan Bayi


4 comments
Leave a comment »

  1. mbak,
    beli sabun ceraklin di mana ya?
    saya perlu buat anak sy.
    pliiisss…
    e-mail ya… ke adhythya@yahoo.com

    thx lho.

  2. Halooo.. sabun ceraklin bisa dibeli di apotik manapun :)

  3. anak saya umur 5hr ada semacam jerawat tp isinya nanah, tidak banyak cuma 2. Kira2 itu jerawat atau apa ya bu?

  4. Sebaiknya dikonsultasikan saja ke dokter anak untuk lebih mengetahui pasti penyebabnya.

Leave Comment