Perawatan Ari-ari Atau Tali Pusat Bayi

Mar 19th, 2010 | By ndoys | Category: Ibu dan Anak

Hal yang membuat seorang ibu baru menjadi panik adalah ketika harus menghadapi ari-ari atau tali pusat bayi yang belum puput.

Tali pusat tersebut menempel ke perut bayi dan agak basah. Warnanya agak kehijauan dengan jepit di ujung.
Cara perawatan ari-ari yang belum puput adalah membungkusnya dengan kasa steril. Kasa tersebut harus diganti minimal 3 kali sehari, atau ketika basah terkena pipis.

Sebelum membungkus ari-ari dengan kasa, pastikan ari-ari tersebut bersih. Caranya basuh dengan air kemudian keringkan dengan handuk bersih. Tidak perlu menggunakan alkohol.

Lipat 2/3 kasa menjadi segitiga, bagian lipatan taruh di bawah ari-ari. Sudut luar lipat ke atas ari-ari. Kemudian lingkarkan ujung kanan kasa ke arah kiri atas ari-ari, dan ujung kiri kasa ke arah kanan atas ari-ari. Kedua ujung tersebut disatukan dan dipelintir di bawah ari-ari.

Demikian perawatan ari-ari bayi. Terlihat sederhana dan memang sangat simple. Tetapi ketika kita dihadapkan dengan tampangnya yang “menyeramkan”, disertai tangisan bayi yang kencang, maka hal yang seharusnya sederhana bisa menjadi sulit karena ibu keburu panik.

Pengalaman aku yang membuat panik adalah ketika kasa menempel pada ari-ari bayi yang tadinya basah kemudian mengering, dan sulit untuk dilepas.

Cara penanggulangannya adalah, basahi kasa tersebut supaya terlepas. Jika tidak berhasil, jangan tarik paksa kasa, melainkan gunting saja dan biarkan kasa yang menempel pada ari-ari tetap menempel. Toh ketika kita memandikan bayi di pagi hari, ari-ari akan terendam dan menjadi lembek, sehingga kasa yang tadinya menempel akan mudah terlepas.

Kuncinya jangan panik. Bayi tidak akan merasa sakit ketika ari-arinya dipasangi kasa atau ketika kasanya dicabut. Selain itu, ari-ari bayi akan puput dalam waktu 1-2 minggu.

Alhamdulillah ari-ari bayiku tidak bermasalah. Namun jika ari-ari bayi anda infeksi, yaitu berwarna kemerahan atau berdarah/ bernanah dan berbau, segera bawa ke dokter.

Kalau ari-ari sudah puput, oleskan betadine menggunakan cotton buds. Jika sudah sangat kering, sekali-sekali bersihkan udel bayi menggunakan cotton buds yang telah dibasahi dengan baby oil.

Artikel Terkait:

  1. Lipatan Kulit Bayi
  2. Noda Kuning Pada Popok
  3. Puting Lecet
  4. Setelah Operasi Caesar
  5. Pengalaman Operasi Caesar

One comment
Leave a comment »

  1. [...] (Perawatan ari-ari atau tali pusat bayi.) [...]

Leave Comment